Skip to main content

Segmentasi Konsumen Internet Plaing Tepat

Segmentasi Pelanggan adalah jargon umum dalam pemasaran. Dikatakan bahwa setiap perusahaan harus terlebih dahulu mensegmentasikan pelanggannya, memilih segmen target dan kemudian bertujuan untuk memuaskan kebutuhan mereka.

Di era web 2.0 ini ketika bisnis online dan e-commerce meningkatkan bagiannya di seluruh perdagangan secara dramatis, muncul pertanyaan:

Apakah perusahaan tahu bagaimana cara membagi pelanggan berdasarkan pola penggunaan internet mereka?

atau

Apakah mereka menganggap bahwa "Semua pengunjung diciptakan sama"?

atau

Apakah ada penelitian yang dilakukan untuk memahami konsumen internet berdasarkan pola penggunaannya?

Jika perusahaan tidak memiliki informasi primer ini, bagaimana mereka diharapkan untuk melakukan bisnis?

Bagaimana mereka seharusnya memanfaatkan manfaat dari internet?

Jawabannya diberikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Mckinsey dan Media Metrix yang mengidentifikasi segmentasi konsumen internet untuk pertama kalinya pada pola penggunaannya.

Menurut penelitian, berbagai kategori beserta uraian singkatnya adalah:

1) Penyederhanaan: "End-to-End" Kenyamanan mencari orang. Mereka menghabiskan rata-rata 7 jam per bulan tetapi memiliki masa kerja online terpanjang. Oleh karena itu jika seorang pemasar internet ingin mempertahankan penjualan dari segmen ini, mereka harus memberikan kenyamanan ujung ke ujung seperti kemudahan akses, ketersediaan informasi, dll.

2) Peselancar: Masuk dengan tujuan tertentu dalam hadiah yang membeli pikiran misalnya. Menurut penelitian, mereka merupakan 8% dari populasi pengguna aktif tetapi menyumbang 32% dari waktu online. Untuk menarik dan mempertahankan Surfers, sebuah situs membutuhkan desain dan fitur yang mutakhir, pembaruan konstan, merek online yang kuat, dan bermacam-macam produk dan layanan.

3) Konektor: Sesuai namanya, mereka menggunakan internet untuk terhubung dengan orang-orang melalui cara yang berbeda. Meskipun Konektor menyumbang 36% dari populasi pengguna aktif, 40% dari mereka telah online kurang dari dua tahun, dan hanya 42% telah melakukan pembelian online (dibandingkan rata-rata 61%).

4) Tawar-menawar: Orang-orang ini didorong oleh pencarian untuk penawaran. 52% pengunjung eBay didasari oleh kategori ini. Untuk mengekstraksi penjualan dari segmen ini, situs tidak hanya menarik bagi mereka pada tingkat rasional tetapi juga pada tingkat emosional, memuaskan kebutuhan mereka akan harga kompetitif, kegembiraan "pencarian," dan keinginan untuk komunitas.

5) Perute: Mereka terutama pergi ke internet untuk mendapatkan informasi. Sesuai namanya, orang-orang ini adalah pengunjung rutin yang suka berita. Orang-orang ini mengunjungi lebih sedikit domain tetapi menghabiskan waktu hampir dua kali per halaman daripada yang lain. Perute menginginkan konten yang unggul dan perasaan bahwa mereka mendapatkan "sesuatu yang istimewa."

6) Sportsters: Menggunakan internet terutama untuk informasi terkait olahraga dan hiburan. Mereka menghabiskan rata-rata 7,1 jam (dibandingkan 9,8 rata-rata). Tantangan bagi perusahaan adalah mengubah penggunaan ini menjadi pendapatan, biasanya dengan memindahkan pengunjung dari konten "gratis" ke langganan berbayar.

Seperti yang jelas dari penelitian ini bahwa masing-masing memiliki kebutuhan dan pola penggunaan yang berbeda sehingga memberikan pandangan sekilas tentang perilaku mereka. Dan karena itu pengetahuan tentang perilaku ini memberikan keuntungan bagi pemasar online untuk menargetkan pelanggan mereka dengan cara yang jauh lebih optimal.

Comments

Popular posts from this blog

Tiga Kesalahan Besar Oleh Pengusaha Bisnis Online Baru

Orang-orang yang memulai perjalanan mereka untuk membangun bisnis online mereka sendiri, biasanya melakukan kesalahan fatal yang akan menghasilkan kekecewaan biasa yang sering kita lihat di pasar ini.

Dalam artikel ini kita akan membuat daftar kesalahan yang biasa dilakukan oleh pendatang baru ke pasar bisnis online berharap bahwa kita akan dapat membantu mereka menghindari kesalahan seperti itu dari awal.

Kesalahan No. 1: Pendatang baru, atau pasar menyebutnya "pemula," biasanya dimulai dengan energi berlebihan dan hal pertama yang mereka lakukan adalah mencari peluang online. Ini adalah kesalahan besar pertama.

Kesalahan No. 2: Sebagian besar peluang yang akan keluar dari pencarian yang dilakukan di Kesalahan No. 1 adalah peluang afiliasi. Seorang pemula akan menjadi lebih bersemangat di sini setelah membaca surat penjualan hyped up yang dia dapatkan. Akhirnya pemula akan melakukan hal yang tak terhindarkan dan mengeluarkan kartu kredit untuk bergabung dengan salah satu pe…

Tips Bisnis Online - Cara Menghindari Kegagalan

Adakah yang bisa sukses online? Meskipun ada peluang yang hampir tak terbatas tersedia untuk mendapatkan uang secara online, ratusan orang yang mencobanya gagal total. Karena itu, jawaban saya adalah "tidak". Saya percaya bahwa dibutuhkan orang yang tepat untuk berhasil secara online dan saya tidak merujuk pada seseorang yang mengerti web atau memiliki IQ tinggi. Sebenarnya, ada orang yang menghasilkan uang secara online yang sulit dipercaya yang hampir tidak bisa menyalakan komputer mereka dan memeriksa email ketika mereka mulai.

Mari kita lihat beberapa penghalang utama yang dihadapi orang ketika mencoba masuk ke profesi pemasaran internet.

Kurangnya Fokus

Ini, menurut pendapat saya, adalah alasan utama mengapa orang tidak berhasil secara online. Sangat sulit untuk beralih dari pekerjaan 9-5 di mana Anda diberi daftar tugas harian untuk diselesaikan ke pekerjaan dengan begitu banyak pilihan dan kebebasan. Menjalankan bisnis Anda sendiri, terutama bisnis online, memerlukan …

Model Penghasilan Residual - Bagaimana Mereka Meningkatkan Penghasilan Online Anda

Ada banyak cara atau model yang dapat Anda ikuti untuk menghasilkan pendapatan residual, terutama melalui bisnis online. Penghasilan Anda kemungkinan akan tergantung apakah Anda akan mencoba membangun sebuah program yang menjamin bahwa pemasaran jaringan Anda adalah anggota pasti dilihat atau didengar oleh sebanyak mungkin orang. Namun, jika Anda lebih mementingkan struktur komisi Anda, ada program yang tersedia yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa metode yang lebih sering digunakan untuk meningkatkan bisnis elektronik dibahas di sini.

Bagaimana cara meningkatkan sisa pendapatan Anda?

Ada sejumlah metode untuk meningkatkan daftar yang ada atau menghasilkan uang dari yang lama yang Anda miliki sebelumnya. Selama masa lalu, orang-orang menyadari bahwa mesin pencari adalah metode terbaik bagi klien untuk menemukan produk dan layanan Anda. Tidak banyak orang mencari lebih jauh dari beberapa halaman pertama dari hasil yang terdaftar yang dihasilkan oleh mesin pencari, kecuali merek…